Jumat, 10 September 2010

Gunung E Mei Dan Buddha Le Shan

Gunung E Mei yang terletak di bagian barat daya Provinsi Sichuan, Tiongkok barat. Tinggi puncaknya mencapai 3099 kilometer di atas permukaan laut.

Gunung Emei menyimpan sumber daya fauna dan flora yang sangat kaya, di mana terdapat ekosistem hutan subtropik yang paling sempurna dan terpelihara paling utuh di daratan tenggara Tiongkok. Lingkup penghutanannya mencapai 87%.

Gunung E Mei adalah salah satu di antara empat gunung agama Budha yang terkenal di Tiongkok. Ada banyak gunung agama Budha yang terkenal di Tiongkok, empat di antaranya yang paling terkenal, yakni Gunung Wutai di Provinsi Shanxi, Gunung E Mei di Provinsi Sichuan, Gunung Jiu Hua di Provinsi Anhui, dan Gunung Pu Tuo di Provinsi Zhejiang.

Buddha Le Shan Terletak di Puncak Xiluan bagian timur Gunung E Mei, mulai dibangun pada tahun 713 masehi, dan selesai dibangun setelah 90 tahun kemudian. Gua Leshan adalah gua Moya yang paling besar skalanya di dunia. Patung Buddha dengan tingginya mencapa 71 meter. Di dalam gua itu terdapat 90 ribu lebih patung Buddha yang diukir pada Dinasti Tang.

Gunung E Mei dan Buddha Leshan dengan benar mencatat sejarah perkembangan kesenian agama Buddha Tiongkok, sekaligus mencerminkan proses sekularisasi dan nasionalisasi pembuatan patung agama Buddha di Tiongkok.

Berkat keindahan pemandangan alam dan latar belakang kebudayaannya yang melimpah, Gunung Emei dan Buddha Leshan pada tahun 1996 dicantumkan dalam Daftar Warisan Alam dan Kebudayaan Dunia. Dewan Warisan Dunia mengatakan bahwa Gunung Emei dan Buddha Leshan banyak mendapat pujian dalam sejarah kesusastraan dan kesenian Tiongkok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar