Sabtu, 14 Agustus 2010

iPod Nano 5G, Video di Saku Anda!

iPod Nano generasi terbaru, atau yang dikenal dengan iPod Nano 5G menawarkan beberapa hal baru yang belum pernah ada dalam iPod nano generasi-generasi sebelumnya. Fitur-fitur andalan yang ditawarkan oleh iPod terbaru ini antara lain video camera yang terintegrasi, radio FM, serta pedometer yang akan sangat berguna bagi yang menyukai olahraga berjalan kaki. Tetapi, bagaimanakah performa iPod ini? Mari kita simak review selengkapnya.

Musik

iPod Nano sejatinya memang ditujukan bagi para penggemar musik. Kapasitas 16GB dirasa sangat cukup untuk menampung koleksi musik kesayangan. Bagi yang menyukai musik berkualitas tinggi, dengan iPod Nano 16GB anda tidak perlu takut memasukkan musik dengan bitrate yang cukup tinggi. Pengaturan playlist yang terorganisir dengan baik memudahkan kita untuk mencari lagu tertentu. Fitur On the Go yang sangat berguna pun tetap dipertahankan. Dengan On the Go ini anda dapat memilih lagu-lagu yang anda sukai dan memasukkannya kedalam playlist sementara dengan mudah, cukup dengan menekan tombol tengah selama beberapa detik ketika lagu dalam suatu playlist di highlight.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh iPod Nano ini sangat baik. Terlebih lagi ketika kita menggunakan pilihan equaliser yang tepat yang dapat diakses melalui menu setting. Earphones yang disertakan bersama iPod Nano 5G memiliki kualitas yang cukup baik dan cukup nyaman digunakan. Bass dan treble yang dihasilkan oleh iPod ini akan lebih terasa lagi ketika dipadukan dengan earphones yang berkualitas lebih baik.

Video

Dengan resolusi layar sebesar 240 x 376 pixel dan berkepadatan 204 dpi, iPod Nano 5G memiliki keunggulan dalam menampilkan video berformat mp4. Bahkan ketika dipakai menonton film yang dikonversi dari DVD, Nano 5G dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik. Bisa dibilang Nano 5G menjadi bioskop yang dapat masuk ke saku anda! Sungguh suatu hal yang menyenangkan bagi para pecinta film. Warna yang dihasilkan oleh layar iPod Nano 5G juga sangat baik, menjadikan pengalaman menonton lebih menyenangkan. Kekurangannya adalah ukuran layar yang kecil mungkin menyulitkan bagi mereka yang memiliki masalah pada penglihatan. Dari pengalaman saya yang bermata normal, dengan resolusi yang baik, Nano 5G mampu menampilkan teks pada film dengan cukup jelas dan dapat terbaca dengan mudah.

Tunggu dulu! Ini dia yang dijagokan dari Nano 5G, yaitu kemampuannya merekam video yang berformat H.264 dan beresolusi VGA (480x640 pixel), gambar yang ditangkap oleh kamera kecil yang terdapat pada bagian belakang iPod ini terbilang baik. Bahkan jauh lebih baik dari hasil rekaman dengan ponsel tertentu yang berformat 3gp. Suara yang direkam saat merekam video juga cukup baik. Sungguh suatu fitur yang sangat berguna yang ditawarkan oleh Apple. Sangat disayangkan bahwa kamera yang tersedia ini tidak dapat dipakai untuk memotret. Satu hal lagi yang menjadi kekurangan adalah penempatan kamera yang agak canggung sehingga seringkali jari kita masuk kedalam frame ketika merekam video. Tapi jangan terlalu risau, dengan membiasakan diri dan mencari cara yang enak dalam memegang iPod ini, kita bisa mengatasi masalah ini.

Radio FM

Satu lagi fitur yang sangat dinanti oleh para pengguna iPod generasi pendahulunya adalah radio FM terintegrasi. Kini kita hanya memerlukan headset atau earphone yang terpasang pada iPod, maka kita akan dapat menggunakan fitur radio ini. Yang hebat dari fitur ini adalah kita dapat mem-pause siaran radio dan melanjutkannya lagi tanpa terlewat sedikitpun, seolah olah siaran radio itu adalah siaran tunda yang terekam dalam iPod kita.

Accelerometer

Hadirnya accelerometer di dalam iPod Nano 5G ini memungkinkan kita untuk menghitung berapa langkah yang telah kita lakukan ketika sedang berjalan. Dan secara mengejutkan, hitungannya akurat! Bukan hanya itu saja, ketika kita menonton video, iPod ini dengan cerdas dapat memutar (rotate) gambarnya sehingga kita tidak akan melihat gambar yang terbalik. Demikian pula halnya dengan saat kita melihat foto yang dapat kita masukkan ke iPod ini melalui iTunes. Selain itu ada beberapa permainan juga yang menggunakan fitur ini sehingga memberikan sensasi yang baru dalam bermain game di iPod.

Baterai

Baterai yang tertanam didalam iPod ini memiliki performa cukup baik. Walaupun Apple mengklaim iPod ini dapat memutar musik selama 24 jam dan 5 jam untuk video, kenyataannya tidak selalu demikian. Dalam mendengarkan musik, sebelum 24 jam nonstop iPod ini sudah akan kehabisan daya. Ini karena dalam kondisi nyata, kita akan menyalakan layar dan sebagainya untuk mengoperasikan iPod tersebut, sehingga konsumsi baterai akan lebih boros. Karena layar iPod ini adalah layar yang berkualitas tinggi, maka konsumsi dayanya pun akan lebih banyak. Tapi jangan takut, daya yang tersimpan didalam baterai iPod ketika diisi penuh dapat bertahan cukup lama. Yang jelas cukup lama sampai kita bosan dan lelah mendengarkan musik. Untuk radio, konsumsi baterai akan lebih boros daripada ketika kita mendengarkan musik.

Kualitas Bahan dan Desain

Bahan yang digunakan oleh iPod ini cukup baik. Bagian luarnya terbalut casing logam yang kali ini bertekstur halus. Keuntungannya adalah permukaan iPod ini akan lebih mudah dibersihkan, kekurangannya adalah jika anda tidak memakai sarung pelindung tambahan, iPod anda akan menjadi tempat bersarangnya sidik jari.

Permukaan layarnya terbuat dari bahan yang tidak mudah tergores sehingga anda boleh agak tenang menyimpannya dalam saku. Akan tetapi akan lebih baik lagi kalau anda tetap menggunakan pelindung tambahan seperti yang digunakan pada layar ponsel.

Desain iPod terbaru ini tidak berbeda jauh dengan iPod generasi ke-4. Yang membedakan adalah area layar yang lebih besar dan memaksa tombol kendali sedikit bergeser ke bawah. Dari segi penampilan harus diakui bahwa iPod ini menjadi lebih keren dari pendahulunya. Akan tetapi terasa agak canggung ketika pertama memegangnya karena ibu jari akan lebih berusaha untuk menggapai tombol atau ketika memutar touchpad.

Kesimpulan

Layak untuk dimiliki! Bagi anda yang gemar menonton film tapi ingin pemutar film yang dapat dengan mudah masuk ke dalam saku, alat ini adalah alat yang tepat buat anda. Bagi para pecinta musik, iPod ini akan memenuhi harapan anda dari segi kualitas audio, daya tahan baterai hingga kenyamanan pengoperasiannya. Dengan harga yang realistis, kita bisa mendapatkan pemutar musik, kamera video, serta radio FM dalam satu alat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar